Serba serbi

Mahasiswa ASDI Gelar Fashion Show Bertema 1001 Malam

Serba serbi

4 Januari 2018 00:43 WIB

Mahasiswa Desain Produk Tekstil ASDI Solo angkatan 2016 menggelar "Fantastic Story of 1001 Night", Rabu-Kamis (3/1)(Solotrust.com/Arum-A)

SOLO, solotrust.com-Mahasiswa Desain Produk Tekstil ASDI Solo angkatan 2016 mempraktekkan ilmu perkuliahan melalui sebuah event di Solo Grand Mall. Acara bertajuk "Fantastic Story of 1001 Night" digelar selama 2 hari, Rabu-Kamis (3-4/1) mulai jam 3 sore sampai mall tutup. 
 
Ketua Panitia, Amina Ahmad mengatakan acara tersebut bagian dari ujian mata kuliah Manajemen Fashion Show, kesuksesan acara menentukan kelulusan mahasiswa. 
 
"Selama semester 5 kami diajari cara penyelenggaraan fashion show, mulai lighting, tata panggung, desain backdrop, backstage, berbagai kebutuhan fashion show. Di akhir perkuliahan ilmu dituangkan dalam bentuk fashion show. Kampus tidak menyediakan dana, jadi mahasiswa harus cari sponsor, cari tempat dan lain sebagainya," terangnya pada solotrust.com di sela acara.
 
Di hari pertama event (3/1), menampilkan fashion show dari desainer lokal Solo baik alumni ASDI, mahasiswa ASDI, maupun desainer umum. Sekitar 8-9 orang desainer berpartisipasi menampilkan total 40 karya busana beragam jenis mulai dari casual, gaun, hingga kebaya. Peragaan busana tersebut didukung Maharani Make Up Bridal untuk riasan serta 11 model dari FS Model.
 
"Animo tinggi karena itu kami terpaksa menolak beberapa desainer yang ingin berpartisipasi," ujar perempuan yang akrab disapa Lina tersebut.
 
Uniknya, dalam kesempatan tersebut ditampilkan busana hasil teknik drapping yaitu membuat baju langsung di manekin tanpa membuat pola. Juga karya busana dengan teknik tapestry yaitu membuat anyaman dari benang-benang dengan motif kearifan lokal seperti bertema keris, ondel-ondel yang dikolaborasi dengan bahan lain.
 
Selain itu, panitia juga mengadakan kompetisi desain baju di sosial media instagram sesuai tema.
 
Sedangkan di hari kedua (4/1), akan digelar fashion show kids dengan tema sesuai tajuk acara yaitu 1001 malam. Anak-anak akan menampilkan baju ala tokoh Aladin atau tokoh putri dongeng. Juga dimeriahkan lomba mewarnai bertema 1001 malam serta demo dari produk peralatan makan dan minum Tupperware.
 
Pihaknya berharap, dengan kegiatan ini kampus ASDI lebih dikenal masyarakat Solo sekitarnya, tidak hanya untuk jurusan Desain Produk Tekstil saja tapi juga Desain Komunikasi Visual.
 
"Kami berharap agar ASDI lebih dikenal masyarakat terlebih di sini komplit banget paketnya. Semua diajari mulai dari dasar, biaya tidak terlalu mahal, dan bermanfaat banget," pungkasnya berpromosi. (Arum-A)

(redaksi)