Ekonomi & Bisnis

Jelang Haul Habib Ali, Okupansi Hotel di Solo Diprediksi Naik 100 Persen

Ekonomi & Bisnis

3 Januari 2018 09:15 WIB

Grand Amira Hotel Solo (dok. solotrust.com)

SOLO, solotrust.com - Menjelang Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi di Masjid Ar Riyadh, Senin-Selasa (8-9/1/2018), okupansi sejumlah hotel berbintang di kawasan Pasar Kliwon, Solo diprediksi mencapai 100 persen. Terlebih kebanyakan tamu hotel adalah langganan yang sudah memesan setahun sebelumnya.

Menurut Public Relation Manager Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo Tia Kristiyanti, untuk periode haul selama tiga hari (7-9/1/2018) okupansi hotel diprediksi tembus 100 persen.



"Dari total 121 kamar, sudah hampir 70 persen yang dipesan. Biasanya mulai H-7 sudah full untuk haul. Tiap tahun pasti sudah ada tamu langganan, mayoritas dari kawasan Jawa Timur. Tapi ada yang dari Surabaya, Bandung, sampai Jakarta. Sebanyak 50 persen tamu, rata-rata lama menginapnya dua hari," terang Tia kepada solotrust.com di kantornya, kemarin (2/1/2018).

Hal yang sama terjadi pada Grand Amira Hotel Solo yang lokasinya berdekatan dengan tempat penyelenggaraan acara. General Manager Grand Amira Hotel Solo Indrawati mengatakan okupansi hotel dipastikan mencapai 100 persen selama periode haul dari tanggal 7 sampai 10 Januari 2018.

"Total 61 kamar sudah full booked untuk rombongan dari Jakarta. Namun karena keterbasan jumlah kamar, kami terpaksa menolak tamu yang hendak menginap karena penuh," ujar Indrawati.

Pihaknya menilai, adanya haul menjadi berkah bagi lingkungan sekitar. Sebab, hotel-hotel di sekitar Pasar Kliwon hingga Solo Baru, baik hotel bintang maupun non bintang diperkirakan akan meningkat tingkat huniannya.

(arum)

(way)