Serba serbi

Kisahkan Kegalauan Mahasiswa, Film Mau Jadi Apa? Tayang Hari Ini

Musik & Film

30 November 2017 11:34 WIB

Poster Resmi Film “Mau Jadi Apa?” (dok. Onstagram @filmmaujadiapa)

SOLO, solotrust.com - Sebuah film komedi berjudul Mau Jadi Apa? mulai tayang hari ini (30/11/2017). Film ini merupakan kisah nyata dari penulisnya, Soleh Solihun yang dulu menjadi mahasiswa jurusan jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung.

Selain dibuat film, kisah tersebut juga dibuat buku dengan judul sama. Soleh Solihun menulis, mensutradarai, dan membintangi film ini secara bersamaan.



Mulai hari ini lho, sudah bisa jadi alasanmu ajak temen, sahabat, gebetan, pacar nonton ke bioskop karena #FilmMauJadiApa JADI TAYAAANGGGGG,” tulis Instagram resmi film ini melalui akun @filmmaujadiapa.

Mau Jadi Apa? menceritakan kisah seorang mahasiswa bernama Soleh (Soleh Solihun) yang bertanya-tanya “mau jadi apa?”setelah berhasil masuk jurusan jurnalistik UNPAD di tahun 1997. Sebuah kegalauan yang jamak dialami mahasiswa ketika sudah masuk kuliah.

Sebuah film tentang pencarian jati diri mahasiswa selama mengeyam pendidikan di bangku kuliahnya. Dan ternyata, teman-teman Soleh juga merasakan hal yang sama.

Diceritakan bahwa dalam fakultasnya tersebut ada majalah yang fokus membahas hal-hal serius seperti politik bernama FakJat atau Fakta Jatinangor. Soleh dan kawan-kawan tidak menyukai majalah itu karena itu bukan selera mereka.

Akhirnya, mereka membuat majalah tandingan yang lebih sesuai dengan selera mereka yakni majalah yang membahas hal-hal ringan seperti film, musik, olahraga hingga gosip percintaan antarmahasiswa kampus. Majalah tandingan tersebut diberi nama Karung Goni yang merupakan akronim dari Kabar, Ungkapan, Gosip, dan Opini.

Hingga akhirnya, secara tidak sengaja mereka malah menemukan passion di situ. Dari apa yang mereka sukai itulah mereka akhirnya menemukan harus jadi apa mereka.

Soleh Solihun yang lebih dikenal sebagai seorang komika (pelaku stand up comedy) ternyata juga pernah menjadi seorang wartawan. Soleh pernah menjadi reporter di Trax Magazine (2004-2005) dan juga editor di Rolling Stone Indonesia (2008-2012).

Selain itu, Soleh juga pernah menjadi penyiar radio di Indika FM Jakarta. Sebelum Mau Jadi Apa?, Soleh juga pernah menulis 3 buku yakni Majelis Tak Alim, Celoteh Soleh, dan Kastana Taklukkan Jakarta.

Selain Soleh Solihun, film ini juga dibintangi oleh sederet pemain lain yakni Anggika Bolsterli, Aurelie Moeremans, Awwe, Adjis Doaibu, Putri Marino, Boris Bokir, Ricky Wattimena, Ernest Prakasa, dan Surya Saputra.

 

(Lin-way)

(Redaksi Solotrust)