Hard News

Pencanangan Kampung KB Capai 91 Persen

Hard News

29 November 2017 15:21 WIB

Pencanangan program kampung Keluarga Berencana (KB) di provinsi Jawa Tengah. (solotrust.com/vita)





SEMARANG, solotrust.com - Pencanangan program kampung Keluarga Berencana (KB) di provinsi Jawa Tengah hingga akhir November 2017 sudah mencapai 91 persen.

Pernyataan tersebut disampaikan Kasub Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Bina Lini Lingkungan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Nasri Yatiningsih dalam acara diseminasi umpan balik laporan pencanangan dan intervensi kampung KB  kabupaten/kota provinsi Jawa Tengah di Semarang, selasa (28/11/2017).

Kegiatan ini di ikuti oleh 35 kabupaten/kota yang menangani laporan kampung KB. Dalam kegiatan ini juga diberikan pengetahuan baru tentang pengelolaan kampung KB model JHCCP, yaitu pengelolaan kampung KB yang berbasis tentang penguatan masyarakat atau penggerakan masyarakat.

“Dari perkembangan kegiatan yang ada di kampung KB kabupaten/kota yang telah di canangkan dan dari hasil pelaporan dan intervensi pokja kampung KB ini, pencanangan program kampung KB sudah mencapai 91,80 persen. Hingga saat ini dari target 574 kecamatan, sudah tercapai 526 kampung KB yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng.” Tutur Nasri Yatiningsih.

Untuk Kota Magelang dengan jumlah tiga kecamatan hingga akhir November ini sudah mencanangkan hingga 16 kampung KB dengan prosentase 533 persen atau melebihi target yang telah diberikan. Terdapat 26 kabupaten kota di Jateng yang telah mencanangkan program kampung KB hingga 100 persen dan 8 kabupaten masih di bawah seratus persen. Hingga saat ini ada satu kabupaten yang belum mencanangkan, yaitu Kabupaten Karanganyar.

“Kabupaten Karanganyar ditargetkan mampu mencanangkan pembentukan setidaknya 17 kampung KB pada bulan Desember ini.” Ungkap Nasri Yatiningsih.

Pihak BKKBN jateng juga akan terus membantu hingga bisa dicanangkannya kampung KB di Kabupaten Karanganyar.

Diharapkan dengan banyaknya kampung KB di Jateng bisa ikut menyukseskan program KB yang telah dicanangkan pemerintah. Selain itu juga diharapkan desa-desa yang wilayahnya dicanangkan program kampung KB terutama daerah pinggiran, akan mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat atau setidaknya setara dengan daerah perkotaan.

 

(vita-Wd)

()