Hard News

RSST Klaten Terapkan Layanan Satu Ruang untuk Lansia

Jateng & DIY

15 November 2017 15:42 WIB

Direktur Utama RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten Alida Lienawati (solotrust-joko)

KLATEN, solotrust.com - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten berupaya ingin menjadi rumah sakit rujukan tingkat nasional yang ramah lansia (lanjut usia). Menurut Direktur Utama RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten Alida Lienawati, upaya itu akan diwujudkan pada 2019 mendatang.

Terkait hal itu, Alida mengatakan, RSST berkomitmen menerapkan layanan satu ruang untuk lansia. Dalam ruang tersebut pasien dapat mendaftar secara online.



"Di RSST jumlah pasien mencapai 700 hingga 1.000 pasien dalam per hari, sedangkan yang mendaftar melalui online hampir 400 orang," katanya saat acara temu media massa bersama puluhan wartawan, Rabu (15/11/2017).

Dijelaskannya, pemeriksaan bagi lansia terpusat di Poliklinik Geriatri. Apabila ingin konsultasi dengan dokter spesialis maka dokter yang akan menghampiri pasiennya.

"Bagi pasien lansia ini, mereka tidak perlu mondar-mandir, cukup dokter yang datang ke pasien. Begitu juga pengambilan resep obatnya," tandasnya.

Alida menjelaskan, kepedulian terhadap lansia sangatlah penting. Sebab, demografi penduduk saat ini sudah berbeda.

Menurutnya, sebelumnya (dulu) jumlah penduduk usia tua sangatlah sedikit sedangkan sekarang usia tua menduduki jumlah terbanyak.

"Saat ini jumlah lansia mencapai 40 persen dari jumlah penduduk di Indonesia.Meskipun fokus lain tidak boleh diabaikan, namun harus tetap ada yang memikirkan lansia. Dan mereka memiliki kebutuhan khusus," katanya.

 

(joko-way)

(Redaksi Solotrust)