Serba serbi

Novel dan Puisi “Hujan Bulan Juni” Sapardi Djoko Damono Tayang Besok

Musik & Film

1 November 2017 11:09 WIB

Poster Hujan Bulan Juni (dok Instagram @vaelovexia)

SOLO, solotrust.com - Sapardi Djoko Damono adalah salah satu sastrawan terkemuka di Indonesia. Salah satu karyanya yang sangat populer adalah puisi berjudul “Aku Ingin”. Sebuah puisi yang ditulis dengan kata-kata sederhana namun bermakna begitu dalam.

Selain “Aku Ingin”, sastrawan kelahiran tahun 1940 ini juga telah banyak menelurkan karya termasuk novel dan puisi, salah satunya adalah “Hujan Bulan Juni”. Kabar gembira bagi penikmat karya Sapardi, karena “Hujan Bulan Juni” telah selesai difilmkan dan akan tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai Kamis (2/11/2017).



“Hujan Bulan Juni” dimainkan oleh Velove Vexia sebagai Pingkan, Adipati Dolken sebagai Sarwono, dan pemuda asal Jepang bernama Koutaro yang berperan sebagai Katsuo.

Mengisahkan tentang kehidupan gadis campuran Jawa Manado bernama Pingkan yang menjalin hubungan tanpa status dengan pria Jawa bernama Sarwono. Pingkan yang merupakan dosen muda sastra Jepang di Universitas Indonesia pada suatu ketika mendapatkan tugas untuk belajar ke Jepang.

Di sana, dia ditemani oleh Katsuo, orang Jepang yang belajar di Indonesia. Polemik terjadi ketika Sarwono tidak rela orang yang dicintainya ini pergi.

Melalui akun Instagramnya, Velove pun memposting perihal film yang dibintanginya ini. Ia juga memposting baris puisi “Hujan Bulan Juni”.

Hujan Bulan Juni di bioskop 2 November 2017. Tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni, dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu. Tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan Juni, dihapusnya jejak-jejak kakinya yang ragu-ragu di jalan itu. tak ada yang lebih arif dari hujan bulan Juni, dibiarkannya yang tak terucapkan diserap akar pohon bunga itu”, tulis Velove melalui akun pribadinya @vaelovexia Minggu (22/9/2017) lalu.

Respon beragam dari warganet pun muncul. Ada yang bilang tidak sabar, hingga mengomentari pemeran yang dianggap cocok.

Wow ga sabar nunggunya, karya Bapak Sapardi Djoko Damono memang keren abis. semoga filmnya mampu menginterpretasikan cerita di dalam novel ini dengan baik,” tulis @ayu_mr45.

cocok sih ni, pemerannya juga bookworm,” tulis @obarighi.

“novelnya bagus loh,” tulis @felisung.

“Hujan Bulan Juni” diproduseri oleh Aviccena yang mana Tina Talisa bertindak sebagai produser eksekutifnya. Sutradara film ini adalah Hestu Saputra dan Titien Wattimena sebagai penulis skenarionya. Film yang mengambil lokasi syuting di tiga tempat yakni Sulawesi Utara, Jakarta, dan Jepang ini juga dibintangi pemain lain seperti Surya Saputra, Baim Wong, dan Ira Wibowo.


 

(Lin-way)

(Redaksi Solotrust)