Pend & Budaya

Rating Meningkat, UNS Raih Bintang Tiga dari Quacquarelli Symonds

Pend & Budaya

22 Desember 2018 10:05 WIB

Rektoran UNS (Dok solotrust.com)

SOLO, solotrust.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih prestasi gemilang dengan meraih Bintang Tiga dari Quacquarelli Symonds (QS) Star University Rating 2018. QS Star University Rating UNS pada tahun 2018 ini meningkat menjadi bintang tiga dari sebelumnya bintang dua.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Layanan Internasional UNS Taufik Al Makmun mengatakan, QS Star University Rating dikeluarkan setiap tiga tahun. Terdapat tujuh kategori yang dinilai dalam pemeringkatan tersebut, di antaranya teaching, employability, research, internationalization, facilities, social responsibility, dan inclusiveness.



“Masing-masing kategori mendapatkan rentang nilai 1-5. Dari tujuh kategori ini, tiga di antaranya yaitu employability, social responsibility, dan inclusiveness UNS meraih bintang lima atau maksimal. Sedangkan untuk kategori teaching memperoleh bintang tiga, kategori research mendapat bintang dua, internationalization dan facilities meraih bintang tiga. Dari penilaian keseluruhan tujuh kategori ini, UNS mendapatkan rating bintang tiga,” terang Taufik kepada wartawan di UNS, Sabtu (22/12/2018).

Menurut hasil QS Star University Rating 2018, UNS memiliki perfoma maksimal terkait daya serap lulusan dan kecepatan lulusan terserap oleh pengguna lulusan (employability), kepedulian sosial (social responsibility) melalui pengabdian masyarakat, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan pemberian beasiswa bagi anak kurang mampu.

“Lalu untuk perfoma lain adalah akses bagi penyandang disabilitas dan pemberian kesempatan belajar bagi lebih banyak pihak (inclusiveness). Kemudian untuk kategori yang belum dapat mencapai maksimal bintang lima akan terus dilakukan pembenahan,” ungkapnya.

UNS berharap dengan perolehan bintang tiga kedepannya semakin dapat memacu kampus UNS untuk terus berkembang agar memperoleh pengakuan internasional. (adr)

(way)