Kamis , 21 Maret 2019

Kementerian ESDM Resmikan 8 Sumur Bor di Daerah Sulit Air Bersih di Jateng

19 Desember 2018 10:25 WIB


Peresmian sumur bor Desa Kemangguan, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen. (Dok Kementerian ESDM)

KEBUMEN, solotrust.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan bantuan delapan unit sumur bor di daerah rawan atau sulit air bersih di Jawa Tengah (Jateng) tahun anggaran 2018. Peresmian dipusatkan di lokasi sumur bor Desa Kemangguan, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Selasa (18/12/2018).

Kepala Biro Keuangan Kementerian ESDM Erika Retnowati saat peresmian mengatakan, sumur bor secara penuh sudah dapat digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih.



Setiap sumur bor mampu melayani kebutuhan air bersih sampai dengan 2.800 jiwa penduduk, sehingga total penduduk yang dapat dilayani adalah sekitar 22.400 jiwa.

"Tak bisa dipungkiri, beberapa daerah di wilayah Provinsi Jawa Tengah masih mengalami permasalahan penyediaan air bersih karena kondisi alam maupun terbatasnya dana masyarakat untuk memperoleh air bersih," ujar Erika dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Erika, program penyediaan air bersih melalui pengeboran air tanah ini sudah dimulai dari tahun 2005 hingga 2017. Hingga 2017, sebanyak 1.795 unit sumur bor telah dibangun untuk melayani kurang lebih 5 juta jiwa masyarakat daerah sulit air bersih yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Sementara Plh Wakil Bupati Kebumen Edi Rianto menyampaikan bahwa di daerahnya terdapat beberapa daerah rawan air bersih, sehingga kehadiran sumur bor ini sangat membantu warga.

Bahkan Kepala Desa Kemangguan, Amirudin,mengungkapkan jika musim kemarau tiba, warganya harus turun bukit untuk mencari air."Memang daerah ini dikelilingi sungai, ada Wadaslintang, Kaligendhing tapi kalau musim kemarau itu kering semua, dari atas (bukit) turun ke bawah cari sumur yang ada airnya," ungkap Amirudin.

Adapun delapan sumur bor yang diresmikan di antaranya:

- Desa Kemangguan, Kec. Alian, Kab. Kebumen
- Desa Sidototo, Kec. Padureso, Kab. Kebumen
- Desa Kalialang, Kec. Kemangkon, Kab. Purbalingga
- Desa Bantarpanjang, Kec. Cimanggu, Kab. Cilacap
- Desa Serang, Kec. Cipari, Kab. Cilacap
- Desa Sindangsari, Kec. Majenang, Kab. Cilacap
- Desa Parakan, Kec. Purwanegara, Kab. Banjarnegara
- Desa Pucungbedug, Kec. Purwanegara, Kab. Banjarnegara

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »