Senin , 17 Juni 2019

Jelang Natal, Perajin Lilin di Boyolali Kebanjiran Pesanan

19 Desember 2018 09:23 WIB


Perajin lilin kebanjiran pesanan jelang perayaan Natal. (solotrust-jaka)

BOYOLALI, solotrust.com - Lilin merupakan perlengkapan wajib saat Misa Natal. Tak ayal kondisi ini membuat perajin lilin di Desa Candi, Kecamatan Ampel, Boyolali kebanjiran pesanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Ribuan lilin aneka bentuk dan ukuran dipesan gereja maupun pedagang grosir. Bahkan untuk mencukupi pesanan yang meningkat hingga 100 persen, para perajin sudah mencetak lilin jauh-jauh hari.



Arini, seorang perajin lilin, mengaku sejak memasuki Desember permintaan lilin terus meningkat mencapai 30 sampai 40 persen. Namun, untuk beberapa jenis tertentu, seperti lilin penerangan permintaan konsumen bisa mencapai 100 persen.

“Pada hari biasa pesanan hanya 5 ribu batang, saat ini bisa mencapai 11 ribu batang per hari,” katanya kepada wartawan, Selasa (18/12/2018).

Untuk lilin penerangan berukuran besar, kata dia, hanya mampu memproduksi 400 batang karena dalam proses mendinginkan lilin berukuran besar memerlukan waktu yang lebih lama.

“Pesanan tidak hanya dari gereja yang akan melaksanakan Misa Natal saja, namun juga pesanan dari para pedagang grosir yang akan dijual kembali di pasaran,” ujar dia.

Untuk harga, lilin jenis lilin penerangan juga bervariasi mulai dari Rp20 ribu per batang hingga Rp30 ribu per batang sesuai dengan ukurannya.

“Kalau pesanan datang dari sejumlah gereja di Boyolali, Solo, Semarang, dan Yogyakarta. Bahkan pesanan juga datang dari sejumlah gereja di Kalimantan dan Bali,” papanya. (Jaka)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »