Hard News

Gunung Merapi Keluarkan Lava Pijar, Aktivitas Warga Seperti Biasa

Jateng & DIY

18 Desember 2018 12:24 WIB

Gunung Merapi.

KLATEN, solotrust.com- Puncak Gunung Merapi pada Minggu malam yang lalu kembali meluncurkan lava pijar. Kendati  demikian, aktivitas warga di kawasan lereng Gunung Merapi di wilayah Klaten tetap normal seperti biasa, sedangkan status Gunung Merapi kini kini masih tetap waspada.

Pantauan solotrust.com di kawasan obyek wisata Deles Indah Kecamatan Kemalang, Klaten, kubah lava baru di puncak merapi terlihat dengan jelas.



Aktivitas warga di sekitar kawasan obyek wisata Deles Indah Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten masih terlihat normal.

Sejumlah wargapun keluar masuk kawasan hutan merapi untuk beraktivitas seperti biasanya, mulai dari merumput hingga berladang.

“Ya, kami tetap waspada. Nanti misalnya terjadi letupan ada informasi. Ya takut, tapi hal itu sudah biasa,” kata warga setempat, Wagiyo.

Ia mengaku, tetap tenang dengan terjadinya luncuran lava pijar. Meski demikian, warga tetap waspada dan berada di radius lebih dari 3 kilometer dari puncak merapi.

“Selama ada letupan Merapi beberapa bulan yang lalu, warga di sini selalu waspada. Warga di sini saling memberikan informasi apabila terjadi erupsi,” kata dia.  

Sebelumnya Gunung Merapi sempat meluncurkan lava pijar pada Minggu malam lalu sekitar pukul 19.00 WIB. Luncuran lava pijar terlihat mengarah ke bukaan kawah di hulu Kali Gendol dengan jarak luncur sekitar 3 ratus meter.

“Pada Minggu malam kemarin memang sempat terjadi lava pijar, kita sudah mendapat imbauan. Kita mesti mewaspadai juga, warga di sini masih tenang, aktivitas seperti biasa,” kata Kepala Dusun Sidorejo Yahono. (Jaka).  

(wd)