Pend & Budaya

Peringati Dies Natalis ke-21, USB Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

Pend & Budaya

16 November 2018 14:35 WIB

Penyerahan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi saat sidang senat terbuka. (solotrust-adr)

SOLO, solotrust.com - Universitas Setia Budi (USB) Surakarta memperingati hari jadi yang ke-21. Sidang senat terbuka puncak peringatan Dies Natalis USB ke-21 digelar di Gedung A.1 Universitas Setia Budi, Mojosongo, Solo pada Jumat (16/11/2018).

Dalam sidang senat terbuka yang diikuti oleh civitas akademika USB turut diserahkan beberapa penghargaan, di antaranya kepada para mahasiswa USB yang berprestasi.



Rektor USB Dr Ir Djoni Tarigan MBA mengatakan,Dies Natalis ke-21 USB ini mengambil tema 'Satukan Langkah Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0', di mana persaingan dalam penyediaan jasa pendidikan tinggi mengharuskan USB untuk melakukan berbagai strategi agar tetap eksis.

"Konsep-konsep seperti research university, word class university, dan sejenisnya menjadi alat seleksi untuk menentukan eksistensi perguruan tinggi di tingkat global," ujar Djoni kepada wartawan dalam sesi jumpa pers.

Menurutnya, untuk meraih peringkat penting dalam kompetisi tersebut, USB bakal berinovasi dan meningkatkan kreativitas civitas akademika. Dies Natalis ini dijadikan momentum untuk menguatkan komitmen akan perubahan demi kemajuan.

"Kita akan tingkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, seperti kita sedang merancang Teknologi Laboratorium Medik (TLM), yang jelas penjaminan mutu pendidikan dikontrol secara simultan," jelasnya.

Sementara itu, dalam menghadapi tantangan dalam era Revolusi Industri 4.0 yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, atau yang dikenal dengan fenomena disruptive innovation, pengajaran di perguruan tinggi pun dituntut untuk berubah, termasuk dalam menghasilkan dosen berkualitas bagi generasi masa depan.

"Pada era ini dosen memiliki tuntutan lebih, baik dalam kompetensi maupun kemampuan untuk melakukan kolaborasi riset dengan dosen dari perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri," kata dia.

Beberapa kerja sama luar negeri telah dijalin oleh USB. Sampai tahun akademik 2017/2018 telah terjalin enam kerja sama luar negeri dengan perguruan tinggi di Philipina, Malaysia, Thailand, dan Korea.

Pada tanggal 7 November 2018 lalu baru saja dilakukan penandatangan naskah MoU dengan Kyungsung University, Republik of Korea dengan fokus kerja sama antara lain pengembangan bersama kegiatan akademik, penelitian, publikasi, joint conferences, seminar, and workshop.

Dalam peringatan ke-21 Dies Natalis ini, juga digelar serangkaian acara berupa seminar dan workshop, kuliah umum, temu alumni, donor darah, bazar, bakti sosial, lomba futsal, bola voli, basket ball 3 on 3, fun climbing, senam sehat, serta beberapa kegiatan lain yang didukung oleh seluruh program studi dan fakultas yang ada di USB. (adr)

(way)