Hard News

Kreatif, Seni Mural Hiasi Pertokoan di Singosaren

Jateng & DIY

27 Oktober 2017 11:50 WIB

Salah satu karya mural di kawasan Singosaren, Solo. (Dok Instagram soloissolo)

SOLO, solotrust.com - Ini bukan aksi vandalisme. Ratusan seniman mural dari 28 kelompok dengan tangan kreatifnya, menyulap sisi pertokoan di Jalan Gatot Subroto, Solo layaknya galeri mural dengan nuansa nasionalis.

Pertokoan di kawasan Singosaren pun kini berubah menjadi tempat favorit kaum muda untuk berfoto.



Ternyata mereka tengah menyiapkan persembahan khusus bagi masyarakat Kota Solo menyambut peringatan Sumpah Pemuda. Aksi tersebut merupakan bagian inisiasi dari SOLOis Solo yang memberikan wadah bagi para seniman mural untuk berkreasi.


Ketua pelaksana SOLOis Solo Irul Hidayat mengatakan, aksi tersebut sudah dimulai sejak 18 Oktober lalu. Proses pengerjaan dilakukan pada malam hari, ketika toko-toko sudah mulai tutup.

Irul menjelaskan, ada beberapa tema yang mereka angkat dalam karya mural tersebut. Di antaranya tema budaya, sosial, dan nasionalisme.

Pembuatan mural di koridor sepanjang 400 meter tersebut diharapkan akan rampung pada 28 Oktober mendatang. Dengan karya mural ini, dia bersama rekan-rekan sesama seniman mural ingin memberikan sebuah destinasi yang menarik, edukatif, inspiratif, dan menjadi ruang sosial yang humanis.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Surakarta Tri Rosnita mengatakan, tempat tersebut nantinya akan ditambah penerangan sehingga menjadi destinasi bagus untuk berfoto.

Menarik bukan? Tertarik untuk berfoto di sana?

 

(way)

(Redaksi Solotrust)