Serba serbi

Masalah Kutu Rambut? Basmi dengan Masker Minyak Sayur

Olahraga

10 November 2018 05:02 WIB

Ilustrasi rambut rusak. (Shutterstock.com)

JAKARTA - Sangat menyebalkan tentunya jika memiliki masalah kutu rambut. Selain gatal, kondisi ini juga bisa merusak penampilan rambut.

Secara ilmiah disebut pediculus, kutu adalah serangga parasit yang panjangnya sekitar dua hingga tiga milimeter. Mereka biasanya ditemukan di pangkal batang rambut yang juga tempatnya bertelur dan berkembang biak. Gejala utamanya adalah rasa gatal yang menyengat. Kutu akan bertahan hidup dengan memberi makan darah dari kulit kepala.



Meskipun kutu tidak mematikan, mereka mudah menular dan mudah berpindah dari satu orang ke orang lain. Misalnya dengan berbagi produk kecantikan pribadi seperti sisir, ikat kepala, atau bahkan jepit rambut. Kutu rambut biasanya sering ditemukan pada anak-anak pra sekolah dan sekolah dasar.

Meskipun ada obat atau sampo di pasaran yang menjanjikan dapat membasmi kutu, kebanyakan orang masih menggunakan pengobatan rumahan. Tentu karena bahan-bahan yang digunakan relatif lebih aman dan alami, serta menghemat biaya. Ada sejumlah pengobatan rumah untuk mengobati kutu, seperti minyak pohon teh, alkohol, baby oil, minyak zaitun, minyak kelapa, cuka, soda kue, petroleum jelly, dan bahkan minyak sayur.

Kamu dapat mengobati kutu rambut di rumah hanya dengan memanaskan minyak sayur dan memijat kulit kepala secara menyeluruh, membiarkannya semalaman, dan kemudian mencuci rambut di pagi hari dengan menggunakan sampo ringan, yang khusus untuk mengobati kutu. Selain itu, kamu juga dapat membuat masker rambut buatan sendiri dengan minyak sayur untuk menyingkirkan kutu.

Mengutip laman Boldsky, bahan-bahan yang kamu perlukan adalah: 2 sendok makan minyak sayur, 1 sendok makan minyak zaitun, 10-12 tetes minyak kayu putih, dan 1 sendok the minyak kelapa. Bahan lainnya adalah shower cap, sampo, sisir, dan kondisioner.

Campur kedua minyak bersama-sama, lalu tambahkan minyak zaitun dan terakhir minyak kelapa. Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh dan biarkan semalam. Tutupi kepala dengan shower cap supaya minyak tidak mengotori bantal. Keesokan harinya bersihkan masker minyak dengan sampo dan kondisioner. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk hasil yang diinginkan. #teras.id

(way)