Hard News

Lomba Jingle Bumil, Cara Edukasi ke Ibu Hamil Agar Jaga Janinnya

Jateng & DIY

07 November 2018 03:06 WIB

KLATEN,solotrust.com - Guna memberikan kesehatan terhadap ibu hamil, Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten mengimbau kepada para ibu hamil untuk memeriksakan kesehatannya di Puskesmas terdekat. Hal ini dilakukan untuk menjaga anak di dalam kandungan tetap sehat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten Cahyono mengatakan, ibu hamil harus mampu menjaga janinnya, sehingga di saat melahirkan menjadi anak yang tetap sehat dan kuat.



"Mereka harus mampu menjaga janinnya agar tetap sehat,” katanya kepada wartawan, di sela kegiatan lomba jingle ibu hamil di Gedung Sunan Pandanaran Klaten, Selasa (6/11/2018).

Menurutnya, setelah para ibu hamil melahirkan, orang tua anak harus mampu memberikan ASI-nya selama dua tahun, kemudian setelah besar diharapkan orang tua anak juga harus memberikan makanan pendamping ASI tersebut.

"Ya, ini lomba terhadap para ibu hamil sekaligus memberikan pendidikan terhadap mereka, agar para ibu hamil tersebut mampu menjaga janinya,” kata dia.

Sementara itu, Asti Wulansari asal Puskesmas Kecamatan Polanharjo mengaku senang bisa mengikuti lomba ibu hamil. Menurutnya, dalam lomba tersebut sangat idukatif dan inspiratif  terutama pada masa kehamilan.

Sebab, sebelum peragakan seni ada paparan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten terkait pendidikan ibu hamil.

"Ya ini sangat menarik. Kegiatan ini juga bisa menginspirasi para ibu ibu hamil. Bisa juga menambah pendidikan , terutama para ibu hamil yang masih pertama,”kata dia.  

Dalam lomba jingle ibu hamil tersebut, setiap kelompok Puskesmas menampilkan keseniannya di atas panggung.  Sebelum lomba juga ada ikrar terhadap ibu hamil untuk mau menjaga dan memeriksakan janinya di Puskesmas terdekat. (Joko)

(way)