Sabtu , 17 November 2018

Dinkes Provinsi Jateng Sosialisasikan Germas Lewat Cerdas Cermat

1 November 2018 15:57 WIB


Cerdas Cermat Germas Tingkat SMA/SMK kab/Kota Jateng.

SEMARANG, solotrust.com- Untuk mensosialisasikan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) kepada Remaja, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menggelar Cerdas Cermat Germas se Jawa Tengah Tingkat SMA/SMK yang di selenggarakan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang, Rabu (31/10/2018)

Kasi Promkes Dinkes Jateng, Rita Utrajani, SKM, M.Kes mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mensosialisasikan Germas khususnya di kalangan pelajar atau remaja, sehingga di harapkan para remaja ini dapat menjadi motivator kesehatan dan memberikan informasi mengenai Germas agar selalu hidup sehat dan berprilaku sehat ke teman-teman sebayanya dan kepada keluarganya, serta nantinya dapat mempersiapkan menjadi seorang ibu yang baik ke depanya.



“Melalui gerakan masyarakat hidup sehat, diharapkan kita semua bisa merubah pola hidup dan pola makan yang sehat.” Tuturnya.

Gerakan masyarakat hidup sehat ini sejatinya ada enam point, yaitu akifitas fisik, buah dan sayur dikonsumsi tiap hari, cek kesehatan secara berkala, diberikan ASI eksklusif untuk bayi usia 0 sampai 6 bulan, enyahkan asap rokok dan fokus pada 3 masalah utama yaitu stunting, TBC dan imunisasi.

Sementara itu Meidina Fitriyani, dari Dinkes kabupaten Temanggung yang merupakan tim pendamping dari SMAN 1 Candiroto Temanggung mengatakan, pihaknya mengirim tim untuk ikut cerdas cermat ini dan telah melakukan persiapan dengan memberi pengetahuan tentang hidup sehat dan kesehatan. “setiap minggu menjadi pendamping SMAN 1 Candiroto Temanggung dalam kegiatan Saka Bakti Husada, dalam kegiatan Saka Bakti Husada juga di sosialisasikan tentang Germas kepada pelajar SMA ini,” ujar Meidina.

Sementara itu salah satu peserta yang mewakili SMAN 1 Candiroto Temanggung Anisa mengaku, senang  bisa mewakili kabupatennya dalam lomba cerdas cermat germas tingkat Jateng ini, selain menambah pengalaman dalam bidang kesehatan dan jadi lebih tahu tentang Germas lagi. “Nantinya saya juga akan memberikan informasi tentang germas ini kepada teman-temanya dan tentunya kepada keluarga serta saudara-saudaranya juga agar selalu dapat hidup sehat dan berprilaku sehat dengan mengedepankankan Germas,” tuturnya.

Cerdas cermat Germas yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jateng ini memperebutkan total hadiah Rp 15 juta plus trophy. (vit)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com