Hard News

Puluhan Warga di Slogohimo Keracunan, Usai Santap Hidangan Kondangan

Jateng & DIY

12 Oktober 2018 15:14 WIB

Humas RS Amal Sehat Slogohimo Imawan Haris Nursalim saat menjenguk pasien keracunan. (solotrust.com/noto)

WONOGIRI, solotrust.com- Warga Desa Bulusari, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri mendadak mengalami muntah mual dan pusing diikuti diare, pasca menyantap hidangan kondangan di salah satu rumah milik warga, Rabu (10/10/2018) malam.  

Setidaknya 28 orang mengalami keracunan usai menyantap hidangan dalam sebuah pengajian di Bulusari, Kecamatan Slogohimo. Sebagian besar korban masih di rawat di Rumah Sakit Amal Sehat Slogohimo.  



Kepala Puskesmas Slogohimo Suwardi mengatakan, 28 orang warga dirawat di rumah sakit sejak Rabu   malam. “Diduga kuat mereka mengalami keracunan saat menyantap hidangan di sebuah pengajian yang digelar TS, warga Bulusari, Kecamatan Slogohimo.” Tuturnya.  

Terpisah, Humas RS Amal Sehat Slogohimo Imawan Haris Nursalim mengatakan, 13 pasien dirawat di RS Amal Sehat, setidaknya 9 orang hingga Jumat siang masih dirawat inap, sedangkan 4 lainnya rawat jalan.  

“Secara bertahap pada Rabu malam, dokter IGD kita menerima dua pasien jam sebelas malam, kemudian pagi harinya menerima empat pasien dengan keluhan yang sama, dan baru kali itu kita mnegetahui kalau ada keracunan makanan, karena malam hariya ada dua kok paginya ada empat dari wilayah yang sama, dan siang atau sore harinya dio IGD itu ada sekitar delapan pasien.” Tutur Imawan Haris Nursalim, Jumat (12/10/2018).

Imawan menambahkan, pasien mulai masuk pada Rabu malam sampai Kamis siang kemarin dengan keluhannya pusing, panas menggigil.  

Sementara itu salah seorang pasien bernama Nasib mengaku bahwa hampir semua korban keracunan merupakan warga Dusun Bulusari. Dirinya merasakan mual setelah pengajian berlangsung.  

“Hidangan berupa nasi tiwul dan pecel, namun entah mengapa setalah itu pulang dan merasa ngak enak perut.” Tutur Nasib. (noto)  

(wd)