Serba serbi

BaekHyun Jadi Artis Solo K-POP dengan Peringkat Tertinggi di Billboard Artist 100

Musik & Film

6 Oktober 2018 05:15 WIB

BaekHyun (Dok Instagram EXO @weareone.exo)

SOLO, solotrust.com – Billboard pada 4 Oktober 2018 mengumumkan bahwa BaekHyun, salah satu anggota EXO berhasil debut pada peringkat 84 chart Billboard Artist 100. Ini adalah ranking paling tinggi yang pernah dicapai oleh artis solo K-POP dalam chart tersebut.

Sampai saat ini, hanya ada dua artis solo K-POP lain yang masuk dalam chart tersebut yakni PSY yang pernah menempati peringkat 88 dan J-Hope dari BTS di peringkat 91 ketika ia merilis mixtape solonya “Hope World” awal tahun ini. Selain BaekHyun, hanya ada satu artis K-POP lain yang ada dalam chart tersebut yakni BTS di peringkat 7 untuk pekan ini.



Tak hanya itu, Baekhyun juga menempati ranking 2 dalam chart Billboard Social 50 karena engagement-nya di media sosial naik sebanyak 1.343%. Untuk pekan ini, peringkat pertama masih ditempati BTS yang sudah ke-94 kalinya memuncaki chart tersebut. EXO sebagai grup naik 1 peringkat ke posisi 6, berada di bawah GOT7 di peringkat 4 dan NCT di peringkat 5.

Chart Billboard Artist 100 adalah chart mingguan di Billboard untuk mengukur kepopularitasan artis dengan menganalisis sejumlah faktor seperti konsumsi musik, penjualan musik, pemutaran musik di radio, permintaan streaming, dan interaksi dengan fans di media sosial.

Baekhyun pada Agustus lalu merilis sebuah lagu yang berkolaborasi dengan rapper Loco yakni “Young”. Lagu tersebut berhasil menempati peringkat 4 chart Billboard World Digital Song Sales. Baekhyun kini telah memiliki dua lagu yang sama-sama sudah terjual sebanyak 2.000 kopi di Amerika Serikat yakni “Young” dan “Take You Home” yang dirilis April 2017 lalu.

EXO akan segera kembali dengan album studio ke-5 bertajuk “Don’t Mess Up My Tempo” yang akan rilis 2 November mendatang. Fans telah lama menantikan comeback ini, karena EXO terakhir kali merilis sebuah album studio yang disertai dengan masa promosi pada Juli tahun lalu, yakni pada album “The War”. (Lin)

(way)