Serba serbi

Menjadi Lansia yang Sehat dan Terhindar Dari Penyakit Kronis

Olahraga

17 September 2018 18:50 WIB

dr. Bambang Joni Karjono, Sp. PD, K.Ger, MARS, Konsultan Geriatri di RSUP dr. Kariadi.

SEMARANG, solotrust.com- Kesehatan di pengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti pola hidup, pola makan, lingkungan dan genetik, sehingga jika kita ingin sehat sampai usia senja, kita perlu mengontrol setiap faktor tersebut, kecuali faktor genetik yang tidak bisa dikontrol.

Saat usia semakin tua banyak penyakit yang mulai bermunculan, seperti kencing manis, stroke, hipertensi dan lain-lainnya. Untuk menjaga kesehatan tidak ada kata terlambat dan dapat dimulai kapanpun. “Untuk langkah yang tepat, kesehatan dijaga sejak siklus pertama kehidupan, yaitu sejak bayi masih di dalam kandungan harus dijaga dan dikelola dengan baik, konsisten sesuai kebutuhan,” kata dr. Bambang Joni Karjono, Sp. PD, K.Ger, MARS, Konsultan Geriatri di RSUP dr. Kariadi Semarang, kepada solotrust.com.



Lebih lanjut, Penyakit kronis biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. “Misalnya, sering makan makanan manis lama-kelamaan dapat menyebabkan seseorang mengalami diabetes atau sering makan makanan yang mengandung garam dan lemak tinggi dapat menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi dan jantung,” ujarnya.

dr. Bambang Joni Karjono, menambahkan, bahwa penyakit kronis itu bisa diatur dan dikelola, misalnya pada orang lanjut usia bila mempunyai penyakit kronis, kalau tidak ada kondisi akut dan jika orang lansia masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya bisa berjalan sendiri, bisa mandi sendiri, maka tidak perlu dirawat di rumah sakit.

“Kesehatan hendaknya harus dijaga sejak dini. Penyakit kronis bisa terjadi di usia tua karena kebiasaan buruk yang dilakukan selama bertahun-tahun, misalnya karena pola makan yang buruk dan kurang aktifitas fisik. Untuk itu diharapkan mulai merubah pola hidup menjadi lebih sehat sejak usia muda,” terangnya.

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi lansia sehat dan terhindar dari penyakit kronis adalah menerapkan Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), pola makan sehat. Pilihlah makanan dengan gizi seimbang untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan terhindar dari penyakit, serta meningkatkan asupan sayur dan buah-buahan.

Kurangi kebiasaan makan yang buruk, terutama makanan yang terlalu manis, berkadar garam tinggi dan lemak tinggi, serta selalu aktif secara fisik. “Aktivitas fisik yang melatih kekuatan, keseimbangan, kelenturan perlu dilakukan oleh lansia untuk mendukung kesehatan dan jangan lupa menerapkan pola hidup sehat serta mengurangi stress,” pungkasnya. (vit)

(wd)