Hard News

Mengenal Tradisi Unik Ngrekso Bumi di Wonogiri

Jateng & DIY

12 September 2018 08:58 WIB

Gunungan sayuran diarak dalam tradisi ngrekso bumi.

WONOGIRI, solotrust.com- tradisi Ngrekso Bumi dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1440 H/Tahun 2018 Masehi diadakan Gua Resi, Dusun Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Selasa (11/9/2018).  

Acara yang dihadiri sekitar 2000 orang tersebut nampak diantaranya anggota DPRD Wonogiri Tarso, Camat Bulukerto Bahari, Danramil 21/Bulukerto Kapten Inf Tono, Kepala Desa dan warga Desa Conto Serta pengujung Gua Resi.



Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri Tarso mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan keimannya dalam menapaki tahun baru Hijriah.

“Mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. Dalam rangka memasuki tahun baru Hijriah ini diharapkan akan peningkatan iman kita.” Harapnya.

“Di samping itu juga dalam memaknai salah satunya dengan sedekah, menyantuni fakir miskin dan anak-anak yang terlantar.” Tambahnya.

Sementara itu Camat Bulukerto Bahari berharap, acara yang diselenggarakan tersebut dapat tetap melestarikan budaya dan masyarakat juga mendapatkan berkah serta terhindar dari bencana.     

“Melalui kegiatan ini kita bisa mengambil hikmah dan kita pelihara dan kita lestarikan. Semoga dengan acara ngrekso bumi ini kita semua bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT dan kita terhindar dari segala bala dan bencana.” Harapnya.

Acara ngrekso bumi juga dihiasi dengan hiburan ketek ogleng dan Seni Reog Ponorogo, yang di suguhkan oleh warga Desa Conto. 

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya