Sabtu , 17 November 2018

Mantan Panglima TNI Hingga Kapolda Jateng Ikuti Kirab Pusaka Puro Mangkunegaran

10 September 2018 22:56 WIB


Sejumlah petinggi negara hadiri Kirab Malam 1 Sura Puro Mangkunegaran. (dok. Pemkot Surakarta)

SOLO, solotrust.com- Malam 1 Suro Be 1952, Puro Mangkunegaran Surakarta ditandai dengan Kirab Pusaka Dalem, Senin (10/9/2018) malam. Dalam kirab tersebut, Pura Mangkunegaran mengeluarkan empat pusaka, yakni tiga pusaka jenis tombak dan satu pusaka berada di dalam jodang.

Meski kirab baru dimulai sekitar pukul 19.10 WIB, namun para warga sudah memadati kawasan Pendapi Ageng Puro Mangkunegaran. Mengingat, dari situlah kirab pusaka akan dimulai hingga mengelilingi bagian luar Puro Mangkunegaran.



Dalam kirab tersebut, selain kerabat, keluarga hingga abdi dalem Puro Mangkunegaran. Tampak pula sejumlah pejabat di negeri ini ikut ambil bagian, seperti Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan lainnya.

Tampak mereka menyesuaikan kostum kirab, yakni dengan menggunakan beskap dan jarik. Dalam mengelilingi bagian luar Puro Mangkunegaran, peserta kirab melakukan topo bisu atau berdiam sambil memanjatkan doa kepada sang pencipta.

”Hampir setiap Malam Satu Suro saya ikut ambil bagian. Satu saya hanya ingin mengingatkan jika Negara Kesatuan Republik Indonesia ini terdiri dari beberapa kerajaan-kerajaan. Itulah yang mengangkat harkat dan martabat bangsa dengan tradisi yang luhur,” jelas mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo kepada wartawan. (dit)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »