Serba serbi

ARMY, Inilah Tips Belajar Bahasa Inggris Ala RM BTS

Musik & Film

07 September 2018 21:25 WIB

RM dalam MV ‘IDOL’ (Dok. Big Hit Entertainment)


Solotrust.com – Banyak ARMY yang ingin tau bagaimana RM bisa begitu lancar dalam berbahasa Inggris. Leader BTS ini memang dikenal dengan kemampuan bahasa Inggrisnya yang mumpuni. Bahkan dalam acara-acara BTS di luar Korea Selatan, selain sebagai juru bicara, RM juga berperan layaknya penerjemah yang menerjemahkan wawancara BTS dengan media luar negeri.



Dalam sebuah sesi Q&A yang dibuat RM melalui V live setelah menjelaskan cerita-cerita di balik lagu-lagu dalam ‘Love Yourself: Answer’ beberapa waktu lalu, ada ARMY yang bertanya tentang cara yang tepat untuk bisa belajar Bahasa Inggris kepadanya.

“Tidak ada cara yang tepat untuk belajar Bahasa Inggris. Namun, aku pikir cara yang paling cepat adalah dengan menghafalkan banyak kosakata, kemudian budaya dari bahasa itu. Kamu perlu banyak kosakata untuk bisa mengatakan apapun. Jadi menurutku adalah kosakata dan budaya,” kata RM.

RM dalam sebuah acara fanmeeting juga pernah ditanya pertanyaan yang sama oleh ARMY. RM pun menjawab bahwa salah satu metodenya dalam belajar Bahasa Inggris adalah dengan menulis kosakata dalam buku catatannya.

Caranya adalah buku tulis digaris tengah tiap lembarnya. Sebelah kiri ditulisi kosakata dalam Bahasa Inggris dan sebelah kanannya dalam Bahasa Korea. Di tiap lembar, ada sebanyak 50 kata. Ya, RM menghafalkan kata dengan menulisnya kembali seperti sebuah kamus.

Dalam acara Ellen Show, RM juga pernah mengungkapkan bahwa dia belajar Bahasa Inggris dari serial ‘Friends’. Dia mengatakan bahwa ketika ia berusia 14 atau 15 tahun, di Korea Selatan kala itu ada sindrom dimana para orangtua mengharuskan anaknya untuk menonton ‘Friends’. Ibu RM pun membeli semua seri DVD ‘Friends’. RM yang awalnya menonton dengan subtitle Korea kemudian beralih ke subtitle Inggris, sampai akhirnya tidak menggunakan subtitle. Ia juga pernah mengatakan belajar Bahasa Inggris dari menonton drama ataupu film.

RM sendiri diketahui adalah siswa yang cerdas ketika masih bersekolah. Ia pernah masuk dalam 1% siswa paling pintar di Korea Selatan dalam ujian masuk univesitas untuk mata pelajaran matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Korea dan Ilmu Sosial. Ketika kelas 2 SMA, ia pernah mendapatkan skor 148 untuk tes IQ.

Karena menyukai rap, maka RM sejak kecil juga belajar Bahasa Inggris yang memang banyak digunakan untuk rap. Ia mempelajarinya secara otodidak. Pada kelas 2 SMP, dia bahkan bisa mendapatkan skor 850 dalam TOEIC hanya dengan belajar secara otodidak sehari-harinya.

Berkat kemampuannya dalam berbahasa Inggris, RM pun sebagai musisi kerap bekerjasama dengan musisi-musisi dari luar Korea Selatan, seperti kolaborasinya dengan rapper Warren G dan Wale dari Amerika Serikat. (Lin)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya