Hard News

Balai Kesehatan Masyarakat Ambarawa Layani Pemeriksaan Tensi dan Smoker Test Gratis

Hard News

6 September 2018 06:59 WIB

Petugas dari UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Balkesmas Ambarawa sedang memeriksa tensi pengunjung di Stand Kesehatan Dinkes Prov Jateng. (solotrust.com/vit)

SEMARANG, solotrust.com- Untuk mengedukasi masyarakat agar hidup sehat, Dinas Kesehatan  Provinsi Jateng membuka Stand pameran di Gedung Merbabu PRPP Pada Kegiatan Jateng Fair 2018 di Kota Semarang.

Balkesmas Ambarawa selaku UPT Dinkes Provinsi Jateng mengadakan pemeriksaan tensi dan pemeriksaan smoker test  gratis di stand tersebut, Selasa(4/09/2018)



Antusias masyarakat terlihat tinggi, terbukti pada stand kesehatan tersebut ramai di kunjungi oleh masyarakat untuk memeriksa tensi dan memeriksa smoker tes. Shasa Salah satu pengunjung Jateng Fair, menyempatkan diri datang ke stand tersebut, untuk memeriksa tensinya.

“Hasil pemeriksaan tensi normal,” ujarnya.

Ia menambahkan, sangat senang sekali dengan adanya kegiatan ini, karena menjaga kesehatan itu penting di lakukan sejak dini.

“Harapannya kegiatan ini rutin dilaksanakan, sehingga masyarakat akan lebih peduli lagi untuk menjaga kesehatanya,” imbuhnya.

Sementara itu petugas dari UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Balkesmas Ambarawa dr Widia Kristiani  mengatakan, ia sangat mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). “Selain menyosialisasikan kepada masyarakat untuk selalu hidup sehat dan melakukan pencegahan penyakit sejak dini, kegiatan ini juga untuk mengedukasi masyarakat agar hidup sehat, dengan pola makan gizi seimbang.” Katanya.

Widia menambahkan, masyarakat diimbau untuk cek tensi sejak usia 20 tahun, pemeriksaan tensi  minimal  6 bulan sekali apabila tekanan darah normal, agar penyakit dapat terdeteksi secara dini. Begitu juga dengan smoker test, dimana smoker test untuk mengetahui kadar CO dalam darah. 

“Bagi perokok aktif biasanya kadar CO dalam darah tinggi dan tidak menutup kemungkinan orang yang tidak merokokpun bisa saja tinggi, karena menjadi perokok pasif yang sering menghirup asap rokok orang lain.” Imbuhnya.

Dengan adanya stand kesehatan ini, diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan rutin  melakukan cek kesehatan. (vit)

(wd)