Hard News

Kerjasama Dengan ACI, Angkasa Pura Target Bandara Adi Soemarmo Top 5 Dunia

Jateng & DIY

28 Agustus 2018 09:57 WIB

Opening Ceremony APEX in Environment kerjasama antara PT AP I dengan ACI di Hotel Alana Karanganyar, Senin (27/8/2018).


SOLO, solotrust.com- Sebagai operator Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo, Boyolali, PT Angkasa Pura I berupaya meningkatkan kualitas bandara agar mampu meraih peringkat 5 besar terbaik di dunia. Salah satu upaya PT AP I adalah bekerjasama dengan Airport Council International (ACI) melalui program Airport Excellent (APEX).



General Manager PT AP I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Abdullah Usman mengungkap, kehadiran ACI dengan program APEX ini bertujuan untuk mendapatkan saran dari mereka terkait peningkatan kualitas bandara terlebih menyandang standar internasional.

"Karena bandara kami internasional maka yang harus menilai juga internasional. Dibanding Semarang dan Yogyakarta, saya yakin Solo bisa setara Bali. Sehingga dari luar negeri bisa langsung mendarat di solo," ujarnya usai acara Opening Ceremony APEX in Environment di Hotel Alana Karanganyar, Senin (27/8/2018).

Sebenarnya, pihaknya sudah mengikuti penilaian Bandara terbaik seluruh dunia sejak 2017. Tahun lalu, Adi Soemarmo di peringkat 23 karena masuk kategori jumlah penumpang 5 -15 juta per tahun. Tahun ini, pihaknya mengikuti kategori jumlah 2,5 juta penumpang per tahun. Untuk kategori ini, di Indonesia hanya Solo saja yang berpartisipasi, bersaing dengan 52 bandara di seluruh dunia.

"Targetnya kami ingin masuk sebagai top 5, bahkan kalau bisa kami berupaya menjadi yang terbaik," imbuhnya.

ACI adalah organisasi bentukan operator bandara di seluruh dunia pada tahun 1991. Dalam hal ini, ACI akan bertindak sebagai tim advisor yang akan memberi rekomendasi terkait kualitas baik fisik maupun pelayanan di bandara. Penilaian meliputi airline, ground handling, hingga kebersihan toilet.

Kerjasama antara ACI dengan PT AP I melalui program APEX in Environment Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo Boyolali ini diadakan selama 5 hari, 27 - 31 Agustus 2018, di Hotel Alana, Karanganyar.

Acara dihadiri oleh praktisi dari industri kebandarudaraan dan penerbangan internasional. Antara lain Danny Boutin, Senior Manager APEX Programmes Airport Council International (Kanada), Ken Lau, Senior Manager Technical Affairs ACI Asia Pacific, Andrew Masci, Environment and Sustainability Advisor Bandara Internasional Brisbane di Australia, dan Mike Kilburn, Assistant General Manager Sustainability Bandara Internasional Hongkong. (Rum)

(wd)