Serba serbi

(G)I-DLE Tunjukkan Comeback Impresif dengan ‘Hann (一)’

Musik & Film

15 Agustus 2018 23:02 WIB

(G)I-DLE dalam MV ‘Hann’ (Dok Screen Shot MV ‘Hann’ dari Cube Entertainment)

SOLO, solotrust.com - (G)I-DLE telah kembali dengan single baru bertajuk ‘Hann (Alone)’, Selasa (14/8/2018). Lagu dan MV dirilis berbarengan yakni pada pukul 18.00 waktu Korea Selatan. Diunggah di channel YouTube resmi (G)I-DLE, MV ‘Hann’ telah ditonton lebih dari 3 juta kali kurang dari sehari.

‘Hann’ yang ditulis dengan gaya ‘Hann (一)’ adalah lagu yang ditulis oleh SoYeon, leader (G)I-DLE bersama Big Sancho. Sebelumnya, SoYeon juga menulis ‘LATATA’ yang menjadi lagu debut grupnya.



Judul ini mengacu pada konsep Han dalam budaya Korea, yakni menunjukkan perasaan kolektif dari ketidakadilan, ketidakberdayaan, isolasi, dan penindasan dari pihak luar.

Secara lirik, lagu ini merepresentasikan kenyataan pahit yang dirasakan seseorang akibat penghianatan serta kesendirian yang ia alami akibat berpisah dengan orang tersebut. Lagu ini sekaligus meluapkan keinginan untuk melupakan cinta yang telah lalu.

Siulan dari salah satu anggotanya yakni Minnie di awal lagu memberikan kesan unik untuk lagu ini. Siulan tersebut juga sudah mereka perdengarkan dalam teaser sebelum lagu ini rilis.

Dimulai dengan suara siulan yang seperti “menghantui”, ‘Hann’ adalah sebuah lagu dance pop yang terkesan “mengerikan” dengan harmoni yang menggema. Atmosfer lagu ini saling berganti antara rap yang kuat dan vokal yang mengarah ke bagian inti lagu yakni pada lirik “woo-hoo-hoo”.

MV ‘Hann’ pun membantu memberikan atmosfer yang sesuai dengan lagunya. Adanya kalajengking dalam MV ini seakan memberi sentuhan berbahaya, mengindikasikan bahwa mereka menjalani kisah cinta yang bisa menyakiti diri mereka sendiri.

Secara visual, para anggota (G)I-DLE yakni SoYeon, Miyeon, SooJin, Minnie Yuqi, dan Shuhua terlihat seperti dewi-dewi dalam MV ini. Mereka menari, menyanyi dan berakting sesuai lirik lagu dengan mengenakan busana yang terkesan glamor dengan warna hitam hingga yang bernuansa athleisure look.

Lagu ini mengikuti single sebelumnya yakni ‘LATATA’ yang bergenre moombahton. ‘LATATA’ kala itu berhasil debut di peringkat 4 chart World Digital Song Sales Billboard dan memuncaki tangga lagu iTunes di 11 negara seperti Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris. (Lin)

(way)