Pend & Budaya

Seminar 9th ICOPIA Sajikan Riset Terbaru Bidang Fisika

Pend & Budaya

15 Agustus 2018 17:33 WIB

Retno Ajeng Pratiwi, salah seorang speaker dalam 9th ICOPIA di Best Western Premier Solo Baru, Selasa (14/8/2018) (Dok Instagram)

SUKOHARJO, solotrust.com - Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyelenggarakan seminar internasional bertajuk 9th International Conference on Physics and Its Applications (ICOPIA) di Hotel Best Western Premier Solo Baru, Selasa (14/8/2018).

Ketua pantitia 9th ICOPIA Nuryani mengatakan, seminar 9th ICOPIA ditujukan untuk menyajikan hasil-hasil riset terkini di bidang fisika dan aplikasinya oleh para peneliti internasional.



"Sekaligus untuk memajukan institusi Universitas Sebelas Maret di tingkat internasional," ujar Nuryani kepada solotrust.com di sela acara.

Ia menuturkan, selaku pembicara dalam ICOPIA yang ke sembilan ini yakni Profesor Osamu Nakatsuka dari Nagoya University dengan topik nanoelektronika dan dari Malaysia Assoc. Prof Dr Mohd Yusri Abd Rahman yang membahas tentang sel surya.

"Acara ini dihadiri oleh para dosen dari berbagai perguruan tinggi di antaranya Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institur Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Brawijaya, dan lain-lainya," tutur dia.

Nuryani menambahkan, naskah-naskah seminar 9th ICOPIA ini bakal dipublikasikan oleh Institute of Physics (IOP) pada Journal of Physics Conference Series yang masuk dalam index SCOPUS.

"Kami harapkan seminar ini nanti akan dapat lebih mengangkat lagi UNS pada komunitas peneliti tingkat internasional," ujarnya. (adr)

(way)