Hard News

Peringati Kemerdekaan RI, Pemkot Surakarta Gelar Apresiasi Musik Kebangsaan

Jateng & DIY

15 Agustus 2018 15:35 WIB

flyer


SOLO, solotrust.com - Memeriahkan 73 tahun Kemerdekaan Indonesia, Pemerintah Kota Surakarta bekerja sama dengan the bied production menyelenggarakan event konser musik Apresiasi Musik Kebangsaan 2018 di halaman Balai Kota Surakarta pada Sabtu (18/8/2018) pukul 19.00 - 23.00 WIB.



Ketua panitia Nunuk Mari Hastuti mengatakan, tema yang diusung adalah membangun manusia berkreatifitas. Di mana dalam konser apresiasi musik kebangsaan menyuguhkan lagu-lagu kebangsaan Indonesia dengan konsep yang berbeda.

"Apresiasi musik kebangsaan akan menampilkan beberapa musisi yang moncer di Kota Solo, seperti Pecas Ndahe, Sruti Respati, Keroncong Smaga, Ketter with Hery Gaos, Bengawan Orchestra, dan Carmesha Ensemble Percusi," kata Nunuk kepada solotrust.com Rabu (15/8/2018)

Untuk mengiringi acara, kata Nunuk, dalam pembukaan acara nanti akan dimeriahkan dengan penampilan drum band dan pasukan pengibar bendera yang berjumlah 30 orang.

"Selanjutnya sederet musisi itu akan tampil dengan iringan orchestra membawakan beberapa musik kebangsaan," ujarnya.

Dalam acara itu juga akan dilakukan pembacaan puisi patriotik dengan tujuan mengajak generasi muda merefleksikan arti sebuah perjuangan para pahlawan jaman dahulu.

Selain itu, siswa Gilang Ramadhan school juga akan unjuk kreativitas menampilkan konser drum bekolabirasi dengan instrument musik daerah, sehingga menciptakan nuansa etnik musikaria.

"Event apresiasi musik kebangsaan juga menampilkan keroncong pelajar yang sudah berpengalaman di berbagai event, menampilkan lagu perjuangan dengan komposisi musik yabg begitu unik, ada nuansa keroncong, angklung dan sentuhan kulintang yang dikolaborasi dengan beberapa instrumen perkusi dan jimbe," bebernya.

Adapun sebelum acara apresiasi musik kebangsaan, terlebih dahulu akan digelar Pawai Pembangunan 2018 di jalan Slamet Riyadi dan Opera Adeging Nagari Republik Indonesia di jalan Jendral Sudirman.

Tak lupa, Nunuk mengajak seluruh masyarakat untuk datang dan menonton dengan menggunakan kostum merah putih atau pakaian yang melambangkan jiwa patriotik dan kebangsaan. (adr)

(wd)