Ekonomi & Bisnis

Tingginya Minat Umrah di Solo, El Teyba Tour Buka Cabang di Solo

Ekonomi & Bisnis

14 Agustus 2018 12:28 WIB

Suasana Grand Opening El Teyba Tour Solo di Jalan Ahmad Yani 35, Minggu (12/8/2018).

SOLO, solotrust.com - Menangkap potensi bisnis perjalanan ibadah umroh umat Muslim di area Solo Raya, El Teyba Tour mantap membuka cabang di kota Solo.

Direktur Utama El Teyba Tour, Afif Muhammad Aljuhri menerangkan alasan dipilih Solo karena berdasar data dari Kemenag, jumlah jamaah menunjukkan tingginya minat masyarakat akan ibadah umroh.



"Sebulan 600 jamaah berangkat dari Solo saja, belum termasuk dari Solo Raya. Faktor lain, ada direct flight dari Solo - Madinah dan Solo - Jeddah, mempermudah kita memfasilitasi para jamaah untuk menunaikan ibadah mereka," tuturnya pada media, Minggu (12/8/2018).

Selain itu, yang membedakan El Teyba Tour dari yang lain, menurut Afif, adalah kemudahan soal pengurusan visa. Sebab pihaknya sudah kontrak kerjasama dengan Arab Saudi terkait pengeluaran visa.

"Kita menjadi perusahaan satu-satunya di Indonesia yang sudah melakukan kerjasama pengeluaran visa langsung dari Arab Saudi," imbuhnya.

Untuk makin menarik minat pengunjung, El Teyba berkomitmen memberikan pengalaman lebih ke jamaah. Antara lain dengan adanya paket tur mengunjungi peternakan unta hingga napak tilas kaum Nabi Sholeh yang memahat gunung dan menjadikan batu sebagai rumah.

"Kita bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Arab Saudi untuk program ini," kata Afif.

Pihaknya meyakinkan pada masyarakat akan kenyamanan perjalanan umrah dengan El Teyba melalui adanya tim tersendiri di Arab Saudi yang mengurus hotel hingga catering para jamaah.

El Teyba juga sudah menerapkan aplikasi dari Kementerian Agama RI Sipatuh. Terlebih karena sudah memiliki ijin sebagai perusahaan penyelenggara ibadah umrah dan perusahaan penyelenggara ibadah haji khusus.

"Untuk tahun ini kita dari El Teyba ada sekitar 55 jamaah haji khusus dan konsorsium sekitar 100 orang," terangnya.

Menyadari banyaknya pesaing di bisnis yang sama, pihaknya mengaku tidak banyak menetapkan target. Dalam sebulan, El Teyba merencanakan 3 - 4 kali pemberangkatan dengan jumlah jamaah 40 - 45 orang per kloter. Jumlah itu diakui jauh dibanding pusat dan cabang - cabang yang sudah mencapai beberapa puluh pemberangkatan.

Menambahkan, Dosen perguruan tinggi STIE AUB Surakarta, yang bertindak sebagai Pembina El Teyba Tour Solo, Endang Brotojoyo, berharap adanya perusahaan tersebut dapat berkontribusi akan kemudahan ibadah umat muslim.

“Tujuan kami adalah supaya hidup ini barokah, dengan menjadi fasilitator untuk menjamu tamu-tamu Alloh berangkat ke tanah suci demi melaksanakan rukun Islam yang ke 5. Semoga Alloh meridhoi serta memberikan kemudahan dengan keberadaan biro umroh dan haji El Teyba Tour Solo," paparnya.

El Teyba sendiri telah berdiri tahun 2002 di Jakarta. Sudah punya lebih dari 10 cabang di nusantara termasuk di Aceh, Lombok dan Makasar serta 20an mitra. (Rum)

(wd)