Pend & Budaya

Fakultas Keolahragaan Resmi Dibuka. Menjadi Fakultas Ke-11 UNS

Pend & Budaya

14 Agustus 2018 10:31 WIB

Penyerahan Pataka Fakultas Keolahragaan oleh Rektor UNS, Ravik Karidi di Halaman Gedung dr. Prakosa kantor pusat UNS, Senin (13/8/2018). (solotrust.com/adr)

SOLO, solotrust.com - Fakultas Keolahragaan (FKor) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah resmi dibuka secara langsung oleh Rektor UNS Ravik Karsidi pada Senin (13/8/2018). Dengan diresmikannya Fkor UNS kini memiliki sebelas fakultas. Tahun pertama ada 300 mahasiswa baru.

Pelaksana Tugas Dekan Fakultas Keolahragaan, Joko Nurkamto mengatakan, pada program Sarjana (S1), Fakultas Keolahragaan memiliki dua Prodi yakni Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga dan Prodi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Selain itu, juga ada Program Magister (S2) Ilmu Keolahragaan. dan Program Doktor (S3) Ilmu Keolahragaan.



"Dua prodi itu sebelumnya menginduk di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Tahun pertama ini, UNS menerima sekitar 300 mahasiswa baru. Lulusan S1 nantinya memiliki titel Sarjana Olahraga (S.Or). Mereka bisa berprofesi menjadi guru dengan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) selama setahun. Lulusan S1 juga bisa melanjutkan ke S2 dan S3 Ilmu Keolahragaan," kata Joko kepada wartawan usai peresmian FKor Senin (13/8/2018)

Joko mengklaim FKor telah memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan Kemenristekdikti diantaranya tersedianya tenaga pengajar, dan tenaga pendidikan yang profesional untuk mengelola progam S1, S2 serta S3.

"Tidak hanya itu, terpenuhinya persyarakat itu juga ditunjukkan dengan kesiapan sarana penunjang, seperti gedung perkuliahan, fasilitas dan peralatan pembelajaran mahasiswa, sehingga sangat layak menjadi fakultas," bebernya

Bedanya dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Joko menuturkan untuk Fakultas Keolahragaan bakal lebih banyak mendalami ilmu-ilmu Keolahragaan. Pihaknya optimistis Fakultas Keolahragaan akan mampu menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa, terlebih selama ini peminat jurusan olahraga sendiri terbilang sudah cukup tinggi. 

Sementara itu, Rektor UNS, Prof. Ravik Karsidi berharap ke depan FKor bisa berperan aktif, dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan bisa menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidang keolahragaan.

 “Selain itu, tentunya kita harapkan FKor mampu menghasilkan temuan penelitian yang berkualitas dan berdampak strategis pada perkembangan keolahragaan di tingkat nasional dan internasional," ujar Ravik. (adr)

(wd)