Ekonomi & Bisnis

Batman dan Penyihir Ikut Rawat Gajah di TSTJ Solo

Ekonomi & Bisnis

13 Agustus 2018 15:33 WIB

Manajemen Accor Hotel Solo merawat Manohara dan Dian di TSTJ Surakarta, Senin (13/8/2018).

SOLO, solotrust.com - Sosok super hero Batman dan penyihir ternyata tak ketinggalan memberikan dukungan dalam rangka World Elephant Day atau Hari Gajah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 11 Agustus. Mereka turut memandikan, memberi makan, serta mengajak gajah yang berada di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo bermain bersama.

Namun Batman dan penyihir itu bukan lah sosok sebenarnya, melainkan mereka adalah manajemen Novotel dan Ibis Styles Solo Hotel yang bersama-sama berkecimpung mengenal keseharian gajah di TSTJ Solo. Kegiatan itu berlangsung pada Senin (13/8/2018) pagi.



Dalam kegiatan itu, manajemen hotel membantu petugas Taman Jurug untuk memandikan, memberi makan, serta mengajak gajah bermain dengan menungganginya. Gajah Sumatra itu bernama Dian (40) dan Manohara (9).

Manohara dan Dian diberikan semacam makanan berbentuk gunungan berisi buah-buahan, jagung, kelapa hingga tebu. Gunungan itu diserahkan manajemen hotel dengan menggunakan kostum tokoh heroes Batman dan sosok penyihir.

General Manager Novotel dan Ibis Hotel Solo Budi Wahjono mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap Hari Gajah Sedunia dari Accor Hotel yang bertujuan untuk melestarikan endemik gajah. Di Solo, kegiatan ini dilakukan dengan merawat, memandikan, serta memberi makan gajah yang ada di Jurug.

"Sebenarnya World Elephant Day sudah tanggal 11 Agustus, tapi kami memutuskan untuk menggelar kegiatan itu hari ini pas hari kerja, supaya lebih ramai, manajemen banyak yang masuk dan mengikuti kegiatan pagi ini," terang Budi.

Tamu Hotel Terlibat

Selain memandikan dan memberi makan gajah, kata dia, pihaknya juga turut menyemarakkan Hari Gajah Sedunia dengan mengajak masyarakat berdonasi.

"Tidak hanya melibatkan manajemen hotel, kita ajak tamu hotel berdonasi. Tujuannya agar memunculkan awareness terhadap para tamu hotel akan hari gajah sedunia, bahwa mereka bisa men-support kelangsungan hidup gajah dengan cara donasi itu," katanya.

Dirinya menuturkan tamu hotel yang berdonasi akan mendapatkan satu buah pin berlogo tema gajah. Meski tak menyebut nominal donasi yang terkumpul, ia menerangkan hal tersebut mendapat antusias dari tamu hotel.

"Dalam pin itu juga kami serukan ajakan untuk melestarikan hewan gajah, tulisan dalam pin itu Shoot us with camera not gun," tutur Budi.

"Malah ada tamu hotel pada saat check out, memberikan origami berbentuk gajah ke kami atas kecintaan mereka terhadap gajah. Bagi kami itu bentuk dukungan terhadap hari gajah sedunia," imbuhnya.

Lebih lanjut, Budi menambahkan, dukungan terhadap gajah di TSTJ tidak hanya sampai pada kegiatan ini saja. Yang mana, pihaknya akan memberikan bentuk dukungan terhadap kelestarian gajah secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

"Program ini tidak berhenti pada peringatan Hari Gajah Sedunia saja. Kita diskusikan dengan pengelola TSTJ secara teknis dukungan seperti apa yang diperlukan ke depan. Misal nanti dari sisi makanan, kita suplai. Sehingga kita bisa galang lagi donasi yang lebih besar nantinya dan bisa dirasakan manfaatnya," ungkap dia. (adr)

(way)

Berita Terkait

Berita Lainnya