Serba serbi

Dibanderol Rp 29,4 Juta Semangkuk, Inikah Sup Termahal di Dunia?

Wisata & Kuliner

13 Agustus 2018 11:45 WIB

Daftar harga menu Sup Daging Sapi Haozhonghao Beef di Restoran Niu Gengtian, Shijiazhuang, China. Sup ini disebut-sebut sebagai yang termahal di dunia dengan harga mencapai Rp 29,4 juta (Oddity Central-Hebnews.cn)

SOLO, solotrust.com – Sebuah restoran China di Shijiazhuang, Provinsi Hebei mendadak viral lantaran menjual sup mie daging sapi termahal di dunia. Betapa tidak, banderol harganya mencapai 13.800 yuan (US$ 2.014) atau setara Rp 29,4 juta.

Melansir Oddity Central, Senin (13/08/2018), ‘Sup Daging Sapi Haozhonghao Beef’ yang menguras kocek itu ditawarkan Restoran Niu Gengtian di Shijiazhuang. Restoran ini menyita perhatian banyak pengguna media sosial Tiongkok setelah foto menunya dengan harga selangit diunggah secara online. Mengingat rekor semangkuk sup mie daging sapi termahal saat ini dipegang Restoran Niu Ba Ba di Taiwan dengan banderol US$ 329 atau setara Rp 4,8 juta.



Lantas pertanyaannya, apa yang membuat sup Haozhonghao begitu mahal? Yah, mungkin terlalu sulit mengatakannya. Saat media lokal menyambangi restoran dan bertanya kepada Yan, manajer setempat, mereka tak mendapat banyak informasi.

Pria itu hanya mengatakan kelezatan sup diracik dari 12 bahan sangat mahal. Empat dari "langit", empat dari "tanah" dan empat dari "laut", namun tak dibahas detil tentang bahan dimaksud. Dia juga menyebut, dibutuhkan 12 juru masak untuk menyiapkan sup dan menu harus dipesan sebulan sebelumnya, sehingga semua bahan dapat diperoleh.

Pihak restoran menambahkan Sup Haozhonghao dalam daftar menu mereka sudah sejak enam bulan lalu. Yan mengaku telah menjual empat mangkuk sup selama rentang waktu itu kepada pengusaha kaya. 

Menanggapi harga menu super mahal ini, kalangan netizen di China berkelakar bahwa sup mie daging sapi lebih mahal ketimbang sapinya sendiri. Tak sedikit pula pengguna internet beranggapan manajemen restoran sengaja menggunakan strategi harga sebagai sarana promosi. 

Beberapa bahkan memberi tahu Biro Harga Distrik Xiaxi Kota Shijiazhuang tentang harga sup itu, namun pejabat setempat mengeluarkan pernyataan bahwa selama harga jelas dinyatakan kepada pelanggan, tidak ada yang ilegal tentang hal itu. Sehingga biro tidak memiliki hak untuk campur tangan.

Jadi jika kamu ingin menghabiskan Rp 29,4 juta hanya untuk makan sup, mampir saja ke Shijiazhuang. Ingat, kamu harus pesan dulu sebulan sebelumnya ya Solotrusters!

(and)