Entertainment

Hati-hati! Air Zam-Zam Palsu Berhasil Diungkap Polisi

TNI / Polri

9 Agustus 2018 12:03 WIB

Air zam-zam palsu.

SEMARANG, solotrust.com- Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah membongkar pabrik pembuat air zam-zam palsu bermerek la lattul water, yang berlokasi di wilayah Pagilaran, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Condro Kirono saat  konferensi pers di kantor Ditreskrimsus Polda Jateng di Semarang Rabu (8/8/2018) mengatakan, pabrik air zam- zam palsu tersebut sudah beroperasi sejak Oktober 2017 hingga Juli 2018.



Air zam-zam ini  sudah beredar di berbagai toko oleh-oleh haji di wilayah Jawa Barat, khususnya di Bandung. Produk air zam -zam tanpa izin edar dari Balai POM ini berasal dari air minum kemasan yang diwadahi ulang dalam sejumlah botol berbagai ukuran.

Botol-botol tersebut dipasangi label sendiri sebelum di distribusikan. Nilai total barang dari 30 kali pengiriman produk palsu tersebut sudah mencapai Rp 1,8 Miliar. Saat ini untuk produk-produk bermerek la lattul water yang sudah didistribusikan pelaku sudah ditarik dari pasaran.

“PENJUAL yang masih mendapati produk dengan merek ini agar menariknya. Dari pengungkapan  kasus ini polisi menetapkan dua pemilik pabrik, masing-masing Y (37) dan E  (54) sebagai tersangka.” Tutur Kapolda Jateng

Kedua pelaku selanjutnya dijerat dengan undang-undang nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian, undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan dan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. (vit)

 

(wd)