Rabu , 15 Agustus 2018

Kreteg Abang Segera Dirobohkan, Akses Kendaraan Ditutup

08 Agustus 2018 10:28 WIB


Sebuah kendaraan melintas di Jembatan Bibis atau yang dikenal dengan Kreteg Abang. (Dok solotrust.com)

SOLO, solotrust.com -  Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta segera merobohkan dan membangun ulang Kreteg Abang (Jembatan Bibis,-red) yang menghubungkan wilayah Bibis Wetan dengan Bibis Kulon.

Pasalnya, sejak pertengahan 2017 lalu pilar jembatan itu retak dan bergeser hingga jembatan terlihat melengkung.



Seperti disampaikan Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Nur Basuki, perobohan itu merupakan tahap awal dari pembangunan ulang jembatan yang ditargetkan selesai tahun depan.

"Sebelum dibangun jembatan baru, konstruksi jembatan lama memang akan dirobohkan dulu. Pengerjaan pembangunan ulang Kreteg Abang juga sedang dilelang," ujarnya kepada wartawan, Selasa (7/8/2018).

Tentu saja perobohan jembatan itu bakal menutup akses jalan kendaraan yang menghubungan dua wilayah itu. Sesuai rencana, penutupan akses jembatan mulai dilakukan bulan ini.

Basuki mengklaim, pembangunan ulang menjadi pilihan yang lebih baik jika dibandingkan dengan hanya memperbaiki jembatan itu.

"Kalau pun diperbaiki dengan teknologi tertentu, tetap saja tidak menambah kekuatan jembatan," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Kreteg Abang kembali dibangun Pemkot lantaran hingga kini kondisi pilar terus bergeser dan amblas sejak diketahui mengalami keretakan pertengahan 2017.

Maka dari itu Pemkot mengambil langkah umtuk menutup akses kendaraan roda empat atau lebih di jembatan tersebut dengan memasang portal dan sejumlah rambu pembatasan agar tidak ada yang nekat melintasi, kecuali kendaraan kecil. Apabila dibuka tetap dibuka untuk roda empat atau lebih dikhawatirkan bisa memperparah kondisi jembatan dengan beban lebih berat. (adr)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »