Hard News

Muhammad Aidil, Jadi Jemaah Haji Termuda

Hard News

7 Agustus 2018 09:02 WIB

Muhamad Aidil (kiri), jemaah termuda kloter MES-12 bersama ibunda. (dok. kemenag)

MEDAN, solotrust.com- Aula Jabal Nur Embarkasi Haji Medan Sumatera Utara, tampak dipenuhi jemaah haji yang akan segera diberangkatkan. Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang 12 Embarkasi Medan (MES-12), mulai memasuki aula berkapasitas 900 orang itu untuk mengikuti acara pelepasan.  

Diantara para jemaah yang rata-rata sudah berusia lanjut, tampak sesosok pemuda dalam balutan kain ihram. Dia adalah Muhammad Aidil (23), lelaki yang berkesempatan menjadi tamu Allah di usia yang relatif muda. Ia adalah jemaah haji termuda di kloter MES-12.



Aidil, begitu ia disapa, bersama ibu, ayah dan kakak akan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

"Alhamdulillah saya diberikan Allah kemudahan, keluarga mendaftar bersama dan tahun ini kami bisa bersama-sama berangkat,” tutur Aidil seperti dilansir dari laman resmi Kemenag.  

Dapat berhaji di usia relatif muda, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi alumni Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan ini. Dengan berhaji di usia muda, Aidil merasakan ini menjadi pengalaman spiritual tersendiri bagi dirinya.

"Selepas haji nanti, saya berharap dapat membawa perubahan bagi diri pribadi dan lingkungan," tutur mahasiswa Fakultas Psikologi ini.

Anak ketiga dari tiga bersaudara ini pun menuturkan, dapat berhaji di usia muda memberikan keuntungan tersendiri. Fisik yang lebih kuat, diharapkan Aidil dapat membuat dirinya lebih dapat memaknai ibadah haji yang banyak melakukan aktivitas fisik. "Dengan begitu, mudah-mudahan lebih bisa memaknai esensi berhaji," kata Aidil.

(wd)