Rabu , 15 Agustus 2018

Digitalisasi Naskah Kuno Museum Radya Pustaka Jalan Terus, Sudah Ada Ratusan Naskah

5 Agustus 2018 12:32 WIB


Pengelola naskah kuno Museum Radya Pustaka Solo Kurnia Heniwati (35), saat menunjukan salah satu naskah kuno koleksi Museum Radya Pustaka. (solotrust.com/dit)

SOLO, solotrust.com- Proses digitalisasi naskah kuno di Museum Radya Pustaka Solo jalan terus. Tercatat, sampai saat ini sudah ada ratusan naskah yang dilakukan digitalisasi naskah.

Hal ini dilakukan, agar naskah-naskah kuno di sana terawat dengan baik dan bisa dinikmati masyarakat untuk mengenal sejarah.



Pengelola naskah kuno Museum Radya Pustaka Solo Kurnia Heniwati (35), saat ditemui Solotrust.com, Sabtu (4/8/2018) mengatakan, total ada naskah yang ada di salah satu museum tertua di dunia ini ada ribuan. Dimana selain naskah ditulis langsung, ada juga dalam bentuk buku.

”Digitalisasi naskah berjalan sejak tahun 2016. Sampai saat ini sudah ada sekitar 100-an naskah yang dilakukan digitalisasi," ungkapnya.

Prosesi digitalisasi naskah memang tak mudah. Mengingat, banyak naskah tulisan tangan yang sudah rusak. Sehingga sebelum dilakukan digitalisasi, naskah tersebut di tata per kalimat hingga sedemikan rupa, sebelum dilakukan digitalisasi.

”Kalau target sampai kapan semua selesai memang tidak ada, karena semua butuh waktu dan proses,” terang dia. (dit)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »