Serba serbi

Siap Comeback dengan ‘I am WHO’, Stray Kids Umumkan Nama Fandom

Musik & Film

3 Agustus 2018 14:10 WIB

Stray Kids (Dok. Instagram Stray Kids @realstraykids)

Solotrust.com – Nama fandom merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari dunia K-POP. Nama fandom ibarat identitas bagi seorang fans dalam mengidolakan idolanya. Para idola pun akan memanggil para fans mereka dengan nama tersebut.

Ikatan artis dan fandom di dunia K-POP begitu kuat, maka tak jarang dalam pemilihan fandom terbaik seringkali fandom dari K-POP menjadi pemenangnya. Sebut saja ARMY, fandom BTS yang beberapa waktu lalu memenangkan penghargaan ‘fiercest fans’ dari Radio Disney Awards 2018, mengalahkan fandom lain seperti Selenators (Selena Gomez) dan Mendes Army (Shawn Mendes).



Stray Kids, grup pendatang baru dari JYP Entertainment yang baru debut Maret lalu kini telah memiliki nama fandom. Hal tersebut diungkapkan via Instagram resmi JYP Entertainment (1/8/2018).

Melalui sebuah video singkat, JYP Entertainment memperkenalkan bahwa nama fandom Stray Kids adalah STAY. Di akhir video, mereka juga menuliskan frasa ‘Stay where stray kids stay’. Ya, tentu saja frasa ini menimbulkan interpretasi yang beragam dari para penggemar. Stray Kids sendiri belum secara resmi menjelaskan makna lebih lanjut terkait nama fandomnya.

Stray Kids sendiri bermakna anak-anak yang ingin keluar dari apa-apa yang sudah ada dan tertanam, dalam artian melangkah lebih maju dari itu. Melalui lagu-lagu yang mereka ciptakan sendiri, Stray Kids mencoba untuk mengekspresikan beragam emosi yang dihadapi anak-anak muda dalam pencarian jati dirinya dan pembuktian siapa diri mereka.

Beragam komentarpun disampaikan oleh para netizen global setelah nama STAY diungkap, seperti

“Nama fandom ini sangat cerdas, aku suka,” kata penggemar dengan akun @princesstai_.

“Aku sangat bangga karena akhirnya bisa memanggil diriku sebagai STAY. Aku akan selalu STAY (tinggal) sejauh apapun aku STRAY (Kesasar),” kata penggemar dengan akun @malybullard.

“I am WHO? I am STAY,” tambah penggemar lain dengan akun @strayclock. 

Dalam postingan tersebut, JYP Entertainment juga menuliskan sejumlah hashtag seperti #WhereStrayKidsSTAY, #IamWHO dan juga #MyPace. Ya, Stray Kids sendiri akan segera comeback dengan mini album ‘I am WHO’ pada 6 Agustus 2018 mendatang. Momentum pengenalan nama fandom pun selaras dengan judul dari album terbaru mereka yang seperti mengungkapkan tentang sebuah identitas.

Akan ada 8 lagu yang ada dalam album kali ini. ‘My Pace’ akan menjadi lagu andalan, sementara 7 lagu yang lain adalah ‘Who’, ‘Voices’, ‘Question’, ‘Bulmyeonjeung’, ‘ M.I.A’, ‘Gabjaki Bunwhigi Ssahaejil Pilyo Eobsjanhayo’ dan ‘Mixtape #2’.

Dalam album kali ini, semua anggota Stray Kids ikut berpartisipasi, terutama dalam pembuatan lirik. Sementara itu, tiga rapper Stray Kids yakni Bang Chan, Han dan Chang Bin (3RACHA) terlibat langsung dalam hal komposisi lagu. Dalam album sebelumnya, 3RACHA juga diketahui terlibat aktif dalam komposisi maupun lirik lagu, termasuk untuk ‘District 9’ yang merupakan lagu andalan dalam album ‘I am NOT’.

Debut Stray Kids Maret lalu juga mendapat sambutan hangat dari para fans internasional. Begitu dirilis, ‘I am NOT’ langsung menduduki peringkat puncak dalam chart iTunes Album di 10 negara termasuk Indonesia.

Tak hanya itu, MV debut mereka ‘District 9’ juga berhasil mematahkan rekor MV ‘Energetic’ dari WANNA ONE sebagai MV debut grup K-POP yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertamanya. MV tersebut tercatat sudah disaksikan lebih dari 4,2 juta kali tepatnya di angka 4.274.649 dalam sehari.

Beranggotakan 9 orang yakni Bang Chan, Woo Jin, Lee Know, Chang Bin, Hyun Jin, Han, Felix, Seung Min dan I.N., Stray Kids adalah grup yang tak hanya memiliki kemampuan vokal, rap dan dance yang mumpuni, melainkan juga memiliki kemampuan untuk menciptakan musik dan lirik mereka sendiri. (Lin)

(wd)

Berita Terkait

Stray Kids Akan Comeback dengan Cle 2: Yellow Wood

Stray Kids Akan Konser di Indonesia pada 26 Januari 2019

Trigger, Hampir Jadi Nama Stray Kids Sebelum Debut

Jelang Wajib Militer, Jin BTS Akan Rilis Single Solo Pertama The Astronaut

BTS Siapkan 48 Lagu untuk Album Antologi Proof, Dibagi ke dalam 3 CD

Ini Alasan Sutradara Film Marvel Eternals Pilih Lagu Friends Milik Jimin BTS Sebagai OST

Cerita Manis Taehyun TXT Diberi Sarung Tangan oleh Jungkook BTS, Picu Dirinya untuk Berlatih Lebih Keras

McDonald Gandeng BTS, Hadirkan BTS Meal Mulai Musim Semi Ini

Kado Natal, Jimin dan V BTS Rilis Christmas Love dan Snow Flower

Smash Megawati Bawa Red Sparks Menang 3-1

Piala Asia 2023: Yordania Bungkam Korea Selatan di Babak Semifinal

Drama Korea Horor Terbaru, Ini Dia List Pengisi Hari Weekeend-mu

Kabar Bahagia! Lee Seung Gi bakal Nikahi Lee Da In April Besok

Tips Mengecilkan Perut Ala Artis Korea

Preview Pertandingan Korea Selatan vs Portugal Piala Dunia 2022 Malam Ini

Adhiwangsa Hotel & Convention Solo Gelar KPop Mini Fest

Survei: Fans K-Pop Terbesar di Jepang Kemungkinan Adalah Golongan Lansia

BTS Rilis Tracklist 7, Ada 20 Lagu!

Instagramnya Terus-terusan Ingin Diretas Orang, IU Luapkan Kemarahannya

Berkat ARMY, BTS Masuk Daftar Tokoh Paling Berpengaruh di Internet

Big Hit Bakal Miliki Girlgroup, Mantan Visual Director SM Akan Pimpin Proyek Tersebut

Big Hit Bakal Miliki Girlgroup, Mantan Visual Director SM Akan Pimpin Proyek Tersebut

Yoona Akan Rilis Album Spesial di Hari Ulangtahunnya

BLACKPINK Beri Penghormatan Pada Korban di Manchester Arena dalam Tur In Your Area

BTS Artis dengan MV Terbanyak yang Raih 100 Juta Viewers di YouTube

BTS Akan Tampil di Final The Voice

Konser BTS di Wembley Bisa Distreaming di V Live+ Secara Global

Berita Lainnya