Sabtu , 24 Februari 2018

Resmi Diwisuda, 114 Lulusan APN Surakarta Siap Kerja

7 Januari 2018


Prosesi wisuda APN Surakarta yang digelar di Lor In Hotel Solo, kemarin (6/1/2018). (dok. panitia)

SOLO, solotrust.com - Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta telah menggelar wisuda program studi Diploma Tiga Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan pada Sabtu (6/1/2018) di Lor In Hotel, Solo. Pada wisuda periode ke-11 tahun akademik 2017/2018 ini, APN meluluskan 114 wisudawan.

Humas APN Surakarta Dweni Astuti SE MM, menerangkan rata-rata masa studi yang ditempuh para wisudawan adalah 3 tahun 0 bulan. Meskipun demikian, ada pula yang berhasil menyelesaikan studi lebih cepat dalam waktu 2 tahun 10 bulan yaitu Budi Susanto Amd, sedangkan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tertinggi 3,83 diraih oleh Reni Purnamasari AMd.



“Wisudawan terbaik diberikan kepada Dhani Imam Shafaat AMd dengan kriteria selama mengikuti perkuliahan di APN menunjukkan prestasi akademik dan non-akademik yang baik, pernah menjabat sebagai komandan staf batalyon taruna, dan setelah dinyatakan lulus sidang tugas akhir langsung dipesan untuk bekerja di PT Arpeni Pratama Ocean Line yang telah mempunyai kerja sama dengan APN Surakarta,” terangnya.

Wisuda kali ini diawali dengan parade marching band APN Surakarta, dilanjutkan penampilan tari gambyong. Setelah ketua senat menyatakan sidang senat dibuka, dilanjutkan pembacaan petikan surat keputusan Direktur tentang kelulusan taruna tahun akademik 2017/2018. Dilanjutkan prosesi pedang pora, dan prosesi wisuda seluruh wisudawan.

Dweni menambahkan, lulusan APN telah terserap di dunia kerja, 90 persen alumninya bekerja di bidang ketatalaksanaan pelayaran niaga dan kepelabuhan. “Ada juga yang bekerja di bidang  swasta lain sebagai staf ekspor impor, perpajakan, dll,” tuturnya.

Mutu APN telah dibuktikan dengan diraihnya peringkat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Peningkatan kualitas pendidikan dilaksanakan dengan penguatan pendidikan karakter, menyelenggarakan kuliah umum dengan narasumber dari praktisi kemaritiman dan kemiliteran, kuliah kerja lapangan di instansi pelayaran, praktek english conversation selama tiga bulan di taman wisata Candi Prambanan, praktik darat (magang kerja) selama satu semester. Selain itu APN juga melakukan kerja sama dengan instansi negeri maupun swasta seperti Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten, PT Arpeni Pratama Ocean Line, PT Atosim Lampung Pelayaran, PT Nilam Port Terminal, PT Samudera Indonesia, PT Jemlaa Ferry, PT ASDP Merak, PT ASDP Bakauheni, PT Krakatau Bandar Samudera Banten, PT Indah Kiat Pulp and Paper Banten, Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Semarang, dan beberapa perusahaan lainnya.

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrustcom
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com